Syarat – Syarat Penting dalam Kargo Udara

Syarat – Syarat Penting dalam Kargo Udara

Salah satu kebutuhan penting dalam sistem bisnis online yakni proses pengiriman yang dilakukan dan pentingnya tarif cargo udara. Nah, salah satu jenis pengiriman yang cukup sering dibicarakan adalah pengiriman melalui jalur kargo udara. Apalagi saat ini cukup mudah untuk mencari tarif cargo udara karena sudah cukup banyak perusahaan yang menyediakan simulasi pembiayaan untuk pengiriman dengan jalur udara.

Kategori Barang untuk Dikirim

Nah, jika anda tertarik untuk melakukan pengiriman barang dengan kargo selain mencari tahu tarif cargo udara termurah anda juga harus tahu apa saja syarat sebuah barang bisa dikirim melalui jalur kargo? Ketika anda memutuskan untuk mengirim barang melalui kargo maka ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi agar barang ready for carriage.

Pengisian Air Way Bill harus diisi sesuai dengan TACT Rules yang sudah ditetapkan. Pastikan semua dokumen yang harus anda kirim sudah dalam keadaan yang lengkap.

Biasanya packing dalam setiap kiriman akan ditandai dengan keterangan misalnya nama pengirim serta alamat pengirim. Nah, pastikan juga proses packing yang anda lakukan dalam pengiriman harus disesuaikan dengan aturan yang sudah ditetapkan oleh IATA Dangerous Regulation untuk bahan – bahan yang dianggap berbahaya. Nah, selain itu pastikan untuk hewan hidup sudah mengacu pada aturan tentang IATA Live Animal Regulation.

Label yang harus ada dalam kargo yang akan dikirim juga harus jelas, hal ini mengacu pada labelling of package dalam sebuah kargo.

Nah, jika anda ingin mengirim barang melalui kargo dan barang yang aka anda kirimkan tergolong barang berbahaya ada baiknya mengetahui terlebih dahulu syarat- syarat pengiriman bahan berbahaya. Biasanya akan terdapat dokumen yang ada di IATA Dangerous Good Regulations untuk pengaturan jenis barang yang bisa anda kirim.

Dangerous Goods Cargo

 

tarif cargo udara
tarif cargo udara

 

Nah, hal yang harus dipertimbangkan dalam pengiriman barang berbahaya yakni harus setiap penyedia jasa layanan kargo harus memiliki tempat terpisah khusus untuk barang – barang berbahaya tersebut. Tidak semua kargo udara melayani pengiriman untuk barang – barang berbahaya. Hal ini juga yang menjadi alasan mengapa tarif cargo udara untuk barang – barang berbahaya jauh lebih mahal.

Biasanya ketika barang akan dikirim oleh pihak Airlines, barang tersebut sudah  berada dalam kondisi siap kirim dan Anda wajib mengetahui tarif cargo udara sebelum mengirimkan barang.

Siapa saja sebenarnya pihak – pihak yang terkait dalam proses pengiriman barang melalui kargo udara? Tentu saja ada pihak pengirim, pihak pengangkut serta pihak penerima.

Nah, pihak pengirim tidak hanya perseorangan namun pihak pengirim juga bisa berbentuk badan  usaha yang bisa melakukan pengiriman secara langsung maupun pengiriman melalui penggunaan jasa freight forwarder. Sedangkan pihak pengangkut barang bisa berupa sales untuk penerbangan, agen sales kargo, air charter yang bertujuan untuk mengangkut kargo.

Leave a Reply

Your email address will not be published.