Prosedur Pengiriman Via Udara

Prosedur Pengiriman Via Udara

Saat ini, Anda tidak perlu khawatir untuk mengirimkan barang ke luar daerah ataupun ke luar negeri. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah pengiriman via udara. Pengiriman udara ini lebih sering dilakukan jika waktu yang dibutuhkan terbatas dan bukan kategori pengiriman bulky.

Berikut adalah prosedur barang mulai dari dikirim hingga ke alamat tujuan.

Pengurusan perizinan dokumen

Pengiriman via udara memiliki perizinan dokumen yang sama seperti pengiriman barang via laut ataupun darat. Dokumen yang wajib disediakan adalah SMU (Surat Muatan Udara) untuk penerbangan domestik dan AWB (Air Way Bill) bagi penerbangan internasional.

Pengiriman cargo dapat dilakukan dengan mengontak perusahaan penerbangan yang Anda pilih untuk pengiriman. Anda bisa melakukannya dengan menghubungi agen pengiriman barang.

Barang dikirim ke jasa ekspedisi

Pertama, Anda harus mendatangi kantor cargo. Pihak kargo akan memeriksa isi barang yang akan dikirimkan, berat barang, ukuran dan dimensi, serta pengemasannya. Cantumkan keterangan berupa nama penerima, alamat tujuan, dan informasi tambahan seperti barang mudah pecah, atau sebagainya.

Sampaikan informasi barang dengan benar, yaitu jenis barang apa yang akan Anda kirimkan. Jika Anda memberikan informasi isi barang dengan palsu, maka barang Anda bisa disita dan Anda bisa terkena sanksi oleh pihak bandara. Sanksi ini akan ditujukan bukan kepada jasa pengiriman, namun kepada Anda sebagai pengirim.

Barang bisa diantar langsung ke jasa ekspedisi terkait ataupun menggunakan jasa antar jemput. Jasa antar jemput membutuhkan biaya tambahan. Barang akan dihargai sesuai dengan beratnya, selain itu, ada pula penghitungan volume barang (panjang x lebar x tinggi).

Tarif cargo udara termurah didapat sesuai dengan layanan pengiriman yang dipilih. Pembayaran dilakukan di muka pada jasa ekspedisi terkait. Nantinya, ketika pembayaran telah diselesaikan, maka Anda akan mendapatkan resi atau tanda terima sebagai bukti pelunasan barang yang akan dikirim.

Pengiriman barang ke daerah/negara yang dituju

Barang yang telah dicek dan diukur tersebut kemudian diberi label pengiriman dan diantarkan ke pabean. Sebelum dikirim, barang akan disimpan di gudang, menunggu waktu kirim.

Tracking barang dilakukan setelah resi dikirimkan oleh pihak jasa ekspedisi. Bagi pengirim, Anda bisa mendapatkan resi dengan menghubungi jasa ekspedisi terkait jika belum

Setelah dari penerbangan, barang kemudian disimpan terlebih dahulu untuk proses administrasi. Layanan ekspedisi akan mendatangi kantor pabean membawa dokumen yang dibutuhkan. Kemudian, barang hanya akan dikeluarkan oleh pihak pabean jika barang telah diperiksa dan pembayaran pajak telah clear.

Barang sampai pada kepada penerima yang dituju

Barang yang telah sampai pada jasa kargo kemudian akan dikirimkan sesuai dengan alamat tujuan. Biasanya juga akan terdapat resi yang diberikan kepada penerima yang bersangkutan sebagai tanda bukti penerimaan barang.

Leave a Reply

Your email address will not be published.