Sebagian besar masyarakat sudah mengenal jasa pengiriman barang melalui kontainer atau peti kemas atau dikenal dengan Kontainer FCL & LCL. Namun belum semuanya mengetahui jenis jasa pengiriman kontainer FCL & LCL. Keduanya sama-sama jasa pengiriman jalur laut. Full Container Load (FCL) dan Less Container Load (LCL) merupakan istilah yang dipakai dalam transportasi angkutan laut berskala internasional. Kontainer FCL & LCL ini memiliki perbedaan baik secara definisi dan praktiknya.
Pengertian FCL
Full Container Load (FCL) apabila diartikan dalam bahasa Indonesia yaitu muatan kontainer penuh. Maksudnya adalah pelanggan bisa menggunakan satu kontainer penuh untuk pengiriman barang. FCL dilakukan dengan menyewa satu kontainer secara keseluruhan baik yang berukuran 200 feet ataupun 400 feet untuk mengirim barang Anda.
Biasanya FCL digunakan apabila seseorang ingin melakukan pengiriman barang dengan jumlah yang banyak. Pengiriman barang tersebut dianggap tidak memungkinkan jika dikirim menggunakan pos karena biaya yang dikeluarkan pasti sangat mahal. Oleh sebab itu, digunakan FCL untuk menghemat biaya pengiriman.
Pengertian LCL
Less than Container Load (LCL) dalam bahasa Indonesia artinya muatan kontainer lebih sedikit. Apabila menggunakan LCL, Anda tidak harus menyewa satu kontainer penuh agar bisa mengirim barang dalam jalur laut.
Pengiriman menggunakan LCL ini memungkinkan Anda untuk melakukan jasa pengiriman dengan jumlah tidak terlalu banyak. Karena dalam sistem LCL ini biaya penggunaan kontainer akan dihitung sesuai dengan berat atau volume dari cargo yang diterima.
Kontainer LCL ini pun di bagian dalammnya juga mengangkut berbagai barang yang ingin dikirimkan dari berbagai pemilik. Hal ini karena pengiriman barang LCL dilakukan secara kolektif. Inilah yang menjadi salah satu alasan Anda bisa mengirim barang tanpa harus menyewa satu kontainer secara penuh.
Kontainer FCL & LCL
Lalu, bagaimana cara untuk memilih antara pengiriman menggunakan Kontainer FCL & LCL? Apa yang harus digunakan jika ingin melakukan pengiriman barang ekspor?
Sebagaimana yang sudah disebutkan diatas, bahwa semua tergantung pada jumlah barang yang ingin Anda kirimkan. Pengiriman LCL sangat ideal bagi Anda jika barang yang ingin Anda kirim berukuran tidak lebih dari 15 CBM.
Apabila barang yang ingin Anda kirim besarnya melebihi 15 CBM, disarankan bagi Anda untuk menggunakan FCL kontainer 20 feet. Namun, Anda juga harus mempertimbangkan juga mengenai harga pengiriman FCL kontainer 20 feet dengan harga LCL 15 CBM.
Selain masalah harga, Anda juga harus mempertimbangkan hal lain misalnya kecepatan dan sebagainya berdasarkan dengan kebutuhan Anda untuk mengekspor barang.
Demikian informasi seputar Kontainer FCL & LCL dalam kegiatan pengiriman barang. Terdapat beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan untuk memilih jasa pengiriman kontainer murah yang tepat untuk mengirim barang yang Anda inginkan. Semoga dapat menambah wawasan Anda lebih luas dan bisa membantu Anda dalam memilih jasa pengiriman kontainer yang tepat.
Daftar Tarif Jasa Ekspedisi Kargo Udara Minex Logistics 2021
ASAL | TUJUAN | KODE | MINIMAL PENGIRIMAN | HARGA PER KG | LEAD TIME |
---|---|---|---|---|---|
Jakarta (CGK) | Balikpapan | BPN | 10 Kg / Tujuan | Rp 53.400 | 2-3 Hari |
Jakarta (CGK) | Pontianak | PNK | 10 Kg / Tujuan | Rp 43.700 | 2-3 Hari |
Jakarta (CGK) | Pekanbaru | PKU | 10 Kg / Tujuan | Rp 37.900 | 2-3 Hari |
Jakarta (CGK) | Manado | MDC | 10 Kg / Tujuan | Rp 82.500 | 2-3 Hari |
Jakarta (CGK) | Ujung Pandang | UPG | 10 Kg / Tujuan | Rp 59.400 | 2-3 Hari |
Jakarta (CGK) | Medan | KNO | 10 Kg / Tujuan | Rp 40.500 | 2-3 Hari |
Jakarta (CGK) | Padang | PDG | 10 Kg / Tujuan | Rp 33.400 | 2-3 Hari |
Jakarta (CGK) | Palembang | PLM | 10 Kg / Tujuan | Rp 29.600 | 2-3 Hari |
Jakarta (CGK) | Batam | BTH | 10 Kg / Tujuan | Rp 40.100 | 2-3 Hari |
Jakarta (CGK) | Denpasar | DPS | 10 Kg / Tujuan | Rp 29.300 | 2-3 Hari |
Jakarta (CGK) | Banjarmasin | BDJ | 10 Kg / Tujuan | Rp 45.200 | 2-3 Hari |
Jakarta (CGK) | Mataram | LOP | 10 Kg / Tujuan | Rp 37.000 | 2-3 Hari |
Jakarta (CGK) | Jogjakarta | JOG | 10 Kg / Tujuan | Rp 25.500 | 2-3 Hari |
Jakarta (CGK) | Solo | SOC | 10 Kg / Tujuan | Rp 24.100 | 2-3 Hari |
Jakarta (CGK) | Surabaya | SUB | 10 Kg / Tujuan | Rp 24.200 | 2-3 Hari |
Jakarta (CGK) | Semarang | SRG | 10 Kg / Tujuan | Rp 24.800 | 2-3 Hari |
Jakarta (CGK) | Kendari | KDI | 10 Kg / Tujuan | Rp 72.600 | 2-3 Hari |
Jakarta (CGK) | Biak | BIK | 10 Kg / Tujuan | Rp 105.700 | 2-3 Hari |
Jakarta (CGK) | Banda Aceh | BTJ | 10 Kg / Tujuan | Rp 51.300 | 2-3 Hari |
Jakarta (CGK) | Jayapura | DJJ | 10 Kg / Tujuan | Rp 110.900 | 2-3 Hari |
Jakarta (CGK) | Palangkaraya | PKY | 10 Kg / Tujuan | Rp 39.100 | 2-3 Hari |
Jakarta (CGK) | Timika | TIM | 10 Kg / Tujuan | Rp 145.100 | 2-3 Hari |
Jakarta (CGK) | Malang | MLG | 10 Kg / Tujuan | Rp 23.800 | 2-3 Hari |
Jakarta (CGK) | Kupang | KOE | 10 Kg / Tujuan | Rp 75.800 | 2-3 Hari |
Jakarta (CGK) | Jambi | DJB | 10 Kg / Tujuan | Rp 32.500 | 2-3 Hari |
Jakarta (CGK) | Ambon | AMQ | 10 Kg / Tujuan | Rp 69.800 | 2-3 Hari |
Jakarta (CGK) | Lampung | TKG | 10 Kg / Tujuan | Rp 25.200 | 2-3 Hari |
Jakarta (CGK) | Ternate | TTE | 10 Kg / Tujuan | Rp 70.600 | 2-3 Hari |
Jakarta (CGK) | Pangkal Pinang | PGK | 10 Kg / Tujuan | Rp 33.600 | 2-3 Hari |
Jakarta (CGK) | Palu | PLW | 10 Kg / Tujuan | Rp 70.600 | 2-3 Hari |
Jakarta (CGK) | Gorontalo | GTO | 10 Kg / Tujuan | Rp 69.800 | 2-3 Hari |
Jakarta (CGK) | Tanjung Pinang | TNJ | 10 Kg / Tujuan | Rp 42.000 | 3-4 Hari |
Jakarta (CGK) | Tarakan | TRK | 10 Kg / Tujuan | Rp 68.600 | 3-4 Hari |
Jakarta (CGK) | Bengkulu | BKS | 10 Kg / Tujuan | Rp 25.800 | 2-3 Hari |
Jakarta (CGK) | Tanjung Pandan | TJQ | 10 Kg / Tujuan | Rp 30.600 | 2-3 Hari |
Jakarta (CGK) | Manokwari | MKW | 10 Kg / Tujuan | Rp 104.100 | 3-4 Hari |
Jakarta (CGK) | Sorong | SOQ | 10 Kg / Tujuan | Rp 94.800 | 3-4 Hari |
KETERANGAN :
1. Barang besar tetapi ringan berat dihitung berdasarkan volumetrik :
- Rumus : panjang (p) x lebar (l) x tinggi (t) / 6.000
- Barang pecah belah dikenakan biaya packing (konfirmasi terlebih dahulu)
2. Minimum Charge 10kg / tujuan
3. Untuk barang DG (Dangerous Goods) dikenakan Charge sebesar 200% dari tarif normal,
4. Untuk biaya packing kayu tergantung besar kecilnya barang yang di packing
Leave a Reply