Pulau Jawa memang menjadi pulau terpenting dalam urusan ekspedisi barang atau pengiriman barang. Sebagian besar barang pengiriman berasal dari pulau Jawa. Jumlah penyedia jasa pengiriman barang atau paket di Indonesia pun semakin banyak. Hal itu membuat tak sulit untuk mencari jasa ekspedisi barang antar kota di pulau Jawa.
Lalu lalang pengiriman barang di pulau Jawa memang sangat tinggi. Dibandingkan dengan pulau lainnya di Indonesia, Jawa memang sangat mendominasi. Lalu, apa yang menyebabkan Jawa menjadi pusat dari pengiriman barang dan cargo di Indonesia? Berikut ini beberapa faktor yang membuat pulau Jawa menjadi sentral atau pusat dari segala pengiriman barang atau cargo di Indonesia.
Pusat Ekonomi Indonesia
Sudah menjadi rahasia umum jika pulau Jawa adalah penggerak utama ekonomi Indonesia. Kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Bandung hingga Semarang turut andil dalam bidang ekonomi Indonesia. Sebagai pusat ekonomi Indonesia, sudah barang tentu pulau Jawa menjadi pintu masuk dan pintu keluar utama dari barang-barang produksi berkualitas dari seluruh dunia. Oleh karena itu, jika perekonomian di daerah Jawa mengalami permasalahan, imbasnya bisa langsung menimpa pulau-pulau lain di Indonesia.
Banyak Pelabuhan Besar
Pulau Jawa memiliki tiga pelabuhan utama yang menjadi penopang barang-barang kiriman dari dalam maupun luar negeri. Tiga pelabuhan utama tersebut adalah pelabuhan Tanjung Priok Jakarta, pelabuhan Tanjung Perak Surabaya dan pelabuhan Tanjung Emas Semarang. Ketiga pelabuhan besar tersebut menjadi pusat pengiriman barang antar pulau dan antar Negara. Sebelum didistribusikan dengan transportasi lain, barang-barang yang akan dikirim ke berbagai daerah di pulau Jawa tersebut kebanyakan “menginap” dulu di tiga pelabuhan utama pulau Jawa tersebut.
Sistem Transportasi yang Beragam
Dibandingkan dengan pulau-pulau lainnya di Indonesia, Jawa memiliki keunggulan dalam hal keragaman alat transportasi. Mulai dari truk, kereta api, pesawat terbang, kapal laut hingga alat transportasi lainnya. Kelengkapan dan keragaman alat transportasi itu tidak dimiliki oleh pulau-pulau lainnya di Indonesia. Hal ini membuat pengiriman dan pendistribusian barang antar kota di pulau Jawa bisa lebih maksimal. Tak heran jika mengirim barang dari ujung barang pulau Jawa menuju ujung timur pulau Jawa bisa dilakukan dalam waktu yang cukup singkat.
Itu tadi beberapa faktor yang membuat pulau Jawa menjadi pusat dari pengiriman barang di Indonesia. Banyak hal yang perlu diperhatikan memang dalam memilih jasa ekspedisi barang antar kota di pulau Jawa. Salah satu jasa ekspedisi barang terbaik di pulau Jawa yang bisa Anda pilih adalah MINEX Logistics. Jasa ekspedisi ini sudah sangat berpengalaman dan paling aman untuk mengirimkan barang atau paket Anda, khususnya untuk pengiriman antar kota di pulau Jawa.
Daftar Tarif Jasa Ekspedisi Kargo Udara Minex Logistics 2021
ASAL | TUJUAN | KODE | MINIMAL PENGIRIMAN | HARGA PER KG | LEAD TIME |
---|---|---|---|---|---|
Jakarta (CGK) | Balikpapan | BPN | 10 Kg / Tujuan | Rp 53.400 | 2-3 Hari |
Jakarta (CGK) | Pontianak | PNK | 10 Kg / Tujuan | Rp 43.700 | 2-3 Hari |
Jakarta (CGK) | Pekanbaru | PKU | 10 Kg / Tujuan | Rp 37.900 | 2-3 Hari |
Jakarta (CGK) | Manado | MDC | 10 Kg / Tujuan | Rp 82.500 | 2-3 Hari |
Jakarta (CGK) | Ujung Pandang | UPG | 10 Kg / Tujuan | Rp 59.400 | 2-3 Hari |
Jakarta (CGK) | Medan | KNO | 10 Kg / Tujuan | Rp 40.500 | 2-3 Hari |
Jakarta (CGK) | Padang | PDG | 10 Kg / Tujuan | Rp 33.400 | 2-3 Hari |
Jakarta (CGK) | Palembang | PLM | 10 Kg / Tujuan | Rp 29.600 | 2-3 Hari |
Jakarta (CGK) | Batam | BTH | 10 Kg / Tujuan | Rp 40.100 | 2-3 Hari |
Jakarta (CGK) | Denpasar | DPS | 10 Kg / Tujuan | Rp 29.300 | 2-3 Hari |
Jakarta (CGK) | Banjarmasin | BDJ | 10 Kg / Tujuan | Rp 45.200 | 2-3 Hari |
Jakarta (CGK) | Mataram | LOP | 10 Kg / Tujuan | Rp 37.000 | 2-3 Hari |
Jakarta (CGK) | Jogjakarta | JOG | 10 Kg / Tujuan | Rp 25.500 | 2-3 Hari |
Jakarta (CGK) | Solo | SOC | 10 Kg / Tujuan | Rp 24.100 | 2-3 Hari |
Jakarta (CGK) | Surabaya | SUB | 10 Kg / Tujuan | Rp 24.200 | 2-3 Hari |
Jakarta (CGK) | Semarang | SRG | 10 Kg / Tujuan | Rp 24.800 | 2-3 Hari |
Jakarta (CGK) | Kendari | KDI | 10 Kg / Tujuan | Rp 72.600 | 2-3 Hari |
Jakarta (CGK) | Biak | BIK | 10 Kg / Tujuan | Rp 105.700 | 2-3 Hari |
Jakarta (CGK) | Banda Aceh | BTJ | 10 Kg / Tujuan | Rp 51.300 | 2-3 Hari |
Jakarta (CGK) | Jayapura | DJJ | 10 Kg / Tujuan | Rp 110.900 | 2-3 Hari |
Jakarta (CGK) | Palangkaraya | PKY | 10 Kg / Tujuan | Rp 39.100 | 2-3 Hari |
Jakarta (CGK) | Timika | TIM | 10 Kg / Tujuan | Rp 145.100 | 2-3 Hari |
Jakarta (CGK) | Malang | MLG | 10 Kg / Tujuan | Rp 23.800 | 2-3 Hari |
Jakarta (CGK) | Kupang | KOE | 10 Kg / Tujuan | Rp 75.800 | 2-3 Hari |
Jakarta (CGK) | Jambi | DJB | 10 Kg / Tujuan | Rp 32.500 | 2-3 Hari |
Jakarta (CGK) | Ambon | AMQ | 10 Kg / Tujuan | Rp 69.800 | 2-3 Hari |
Jakarta (CGK) | Lampung | TKG | 10 Kg / Tujuan | Rp 25.200 | 2-3 Hari |
Jakarta (CGK) | Ternate | TTE | 10 Kg / Tujuan | Rp 70.600 | 2-3 Hari |
Jakarta (CGK) | Pangkal Pinang | PGK | 10 Kg / Tujuan | Rp 33.600 | 2-3 Hari |
Jakarta (CGK) | Palu | PLW | 10 Kg / Tujuan | Rp 70.600 | 2-3 Hari |
Jakarta (CGK) | Gorontalo | GTO | 10 Kg / Tujuan | Rp 69.800 | 2-3 Hari |
Jakarta (CGK) | Tanjung Pinang | TNJ | 10 Kg / Tujuan | Rp 42.000 | 3-4 Hari |
Jakarta (CGK) | Tarakan | TRK | 10 Kg / Tujuan | Rp 68.600 | 3-4 Hari |
Jakarta (CGK) | Bengkulu | BKS | 10 Kg / Tujuan | Rp 25.800 | 2-3 Hari |
Jakarta (CGK) | Tanjung Pandan | TJQ | 10 Kg / Tujuan | Rp 30.600 | 2-3 Hari |
Jakarta (CGK) | Manokwari | MKW | 10 Kg / Tujuan | Rp 104.100 | 3-4 Hari |
Jakarta (CGK) | Sorong | SOQ | 10 Kg / Tujuan | Rp 94.800 | 3-4 Hari |
KETERANGAN :
1. Barang besar tetapi ringan berat dihitung berdasarkan volumetrik :
- Rumus : panjang (p) x lebar (l) x tinggi (t) / 6.000
- Barang pecah belah dikenakan biaya packing (konfirmasi terlebih dahulu)
2. Minimum Charge 10kg / tujuan
3. Untuk barang DG (Dangerous Goods) dikenakan Charge sebesar 200% dari tarif normal,
4. Untuk biaya packing kayu tergantung besar kecilnya barang yang di packing
Leave a Reply